Konfersi Gambar Bipmap ke Vector dengan COREL Draw

Ada kalanya kita membuat suatu objek dari gambar yang sudah ada, yang kemudian kita memodifikasi sedimikian rupa, ini memang menyenangkan, terutama bagi para pemula bisa dijadikan sebagai sarana latihan, hal ini akan muda dilakukan jika gambar yang kita ubah tersebut mempunyai format yang sama, tetapi akan menjadi masalah jika format gambar yang akan kita rubah tidak didukung oleh CorelDRAW.

Jangan khawatir Corel sudah menyediakan satu program yang bisa digunakan untuk merubah gambar berformat jpg, bipmap keformat vector yang kemudian kita bisa merubah gambar tersebut dengan menggunakan CorelDRAW .

Untuk melakukan konfersi tersbut kita memerlukan CorelTRAC yang sudah terinstal bersama CorelDRAW . CorelTRAC dapat merubah gambar berformat Bipmap, jpg menjadi format vector dan mengelompokan objek tersebut berdasarkan warna yang sama. Adapun caranya sebagai berikut :

1. Buka program CorelTRAC kemudian akan tampil 2 buah layar kanan dan kiri, kiri menunjukan file asli yang akan dikonfersi/trac dan sebelah kanan menunjukan gambar hasil konfersi.

2. Buka file yang akan di konfersi/trac melalui file – open

3. Pilih menu Trac pilih by outline tunggun sampai layar yang sebelah kanan selesai

4. Pilih file, save trac result, pilih format CMX(corel presentation exchange) ini berguna untuk menyimpan hasil konfersi/tracing

5. Buka CorelDRAW kemudian import file hasil konfersi/trac tersebut kemudian lakukan editing seperti biasa dengan meungroup terlebih dahulu.

Tetapi bagi yang menggunakan corelDRAW X3, fasilitas ini sudah tersedia didalam program corelDRAW X3 kita cukup mengimport gambar yang akan kita edit tampa harus melakuakn konfersi/trac dulu, kemudian Import gambar yang akan di konfersi/trac,tarc-corel-x3.jpg klik mause kiri pilih trac – quick trac atau pilih pilihan yang tersedia setelah selesai gambar yang kita konfersi/trac akan berada diatas gambar aslinya, setelah itu kita lakukan editing seperti biasa.

~ oleh yogimen pada 5 Juni, 2008.

 
%d blogger menyukai ini: